Minggu, 08 Februari 2015

Menikmati Arsik Ikan Mas Masakan Khas Suku Batak

Menikmati Arsik Ikan Mas Masakan Khas Suku Batak


Menikmati Arsik Ikan Mas Masakan Khas Suku Batak – Masakan yang berbahan dasar ikan mas ini adalah makanan khas yang dipunyai oleh daerah Tapanuli tepatnya di provinsi Sumatera Utara. Yang membedakan masakan ini dengan masakan ikan yang lainnya adalah adanya sisik yang masih menempel di bagian badan ikan yang semakin menambah keunikan dari cita rasa masakan ini. Selain itu ikan yang berpadu dengan bumbu kuning asam, manis dan pedas membuat masakan ini sangat di gemari oleh banyak orang di seluruh penjuru nusantara.

Berikut cara membuat arsik ikan mas masakan khas Tapanuli ini:

Resep Arsik Ikan Mas

Arsik Ikan Mas


Bahan membuat arsik ikan mas :

    Ikan emas berukuran sedang sebanyak 2 ekor
    3 buah jeruk nipis yang telah di ambil airnya
    10 batang serai lalu memarkan
    50 lembar daun kemangi
    4 buah bunga kecombrang, jika anda suka
    5 buah daun mangkokan sobek-sobek

Bumbu-bumbu halus

    10 buah cabe merah besar
    10 buah bawang merah
    1 sendok andaliman jika ada
    6 butir kemiri
    4 ruas jari kunyit
    6 cm jahe
    5 cm lengkuas
    2 potong asam
    Garam sesuai selera

Proses membuat arsik ikan mas khas batak
1. Proses pembuatan dimulai dengan membersihkan isi perut dan jangan lupa buang insang ikan, lalu lumuri badan ikan dengan jeruk nipis agar ikan tidak terlalu berbau anyir. Yang perlu anda perhatikan, anda tidak perlu membuang sisik ikan karena sisik ini nantinya berfungsi sebagai penambah tekstur pada masakan.

2. Setelah itu haluskan bumbu-bumbu yang telah di persiapkan hingga halus.

3. Setelah bumbu halus lumuri seluruh badan ikan dengan bumbu dan isi badan ikan dengan bumbu halus tadi dan biarkan beberapa saat sehingga bumbu meresap kedalam badan ikan.

4. Sembari menunggu bumbu meresap anda bisa mulai mempersiapkan wajan, lalu letakkan batang serai yang sudah dimemarkan diatas wajan. Lalu letakkan ikan diatasnya disusul dengan daun kemangi dan kecombrang serta daun mangkokan yang telah di sobek kecil-kecil dan tidak lupa potongan buah asam.

5. Beri air secukupnya hingga air merendam badan ikan lalu tutup dan masak dengan api sedang sampai bumbu meresap sempurna dan ikan matang merata.

Ikan bumbu arsik siap dihidangkan di atas piring dengan pelengkap nasi hangat membuat masakan ini menjadi pilihan tepat menu sehari-hari dan bahkan menu untuk pesta di rumah anda.

Demikian resep arsik ikan mas khas batak yang lezat dan cara membuatnya. Selamat mencoba dan nantikan resep makanan khas Indonesia lainnya :)


Share This

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

About Us

Selamat Datang di Blog Resep Makanan Khas Indonesia. Dapatkan Aneka Resep Makanan Khas yang pastinya lezat dan istimewa, dari penjuru nusantara. Semoga artikel di blog ini bermanfaat untuk Anda. Selamat Berkreasi :)

Like Us

Designed By Blogger Templates